Foto : Keseruan peserta didik saat memilih buku di mobil pusling. (fakhruddin)
Foto : Keseruan peserta didik saat memilih buku di mobil pusling. (fakhruddin)

Gebyar Literasi di SMP Negeri 1 Gudo

Reporter : fakhruddin

GUDO, MSP – Gemar membaca buku dapat membuka jendela wawasan terhadap dunia luar. Akan tetapi beberapa tahun terakhir, minat baca masyarakat semakin menurun. Guna meningkatkan kembali minat baca masyarakat, pemerintah Kabupaten Jombang menggerakkan program Literasi bagi seluruh masyarakat. Sehingga peran perpustakaan sangat sentral dalam menunjang program tersebut.

SMP Negeri I Gudo berinisiatif menggandeng Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jombang, ikut hadir Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang dalam acara “Gebyar Literasi dan Penandatangan Nota Kesepahaman optimasi perpustakaan sekolah” (2/8). perwakilan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan tersebut memberikan sosialisasi tentang operasional, informasi terbaru perpustakaan Nasional, kesediaan mobil perpustakaan keliling (pusling) untuk mengunjungi sekolah satu bulan sekali, serta melakukan pendampingan terhadap sekolah dalam meningkatkan kualitas perpustakaan.

Kepala Sekolah SMP Negeri I Gudo, Madsilah S.Pd. menjelaskan, “Kegiatan Literasi di sekolah sudah berjalan, dengan memberikan waktu 10 sampai 15 menit bagi peserta didik sebelum pembelajaran dimulai untuk membaca buku yang tersedia di penjuru kelas. Setelah membaca, guru mengarahkan peserta didik untuk mengulas bacaannya dan hasil terbaik akan dipajang di mading.”

Acara sosialisasi dan penandatanganan nota kesepahaman tersebut dilaksanakan di Aula sekolah. Diikuti 240 peserta didik dari 24 kelas dan diwakili sepuluh perwakilan setiap kelasnya. Penandatanganan dilakukan Kepala Sekolah bersama perwakilan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jombang.

Madsilah, selaku Kepala Sekolah dengan sigap membentuk Satuan Tugas (Satgas) yang diketuai Drs. Zainul Arifin, dengan tujuan agar program literasi sekolah terus terpantau sehingga menjadi kebiasaan seluruh warga sekolah. Adanya satgas dari guru mampu meninjau langsung kegiatan literasi di sekolah, guna meningkatkan minat baca yang sempat menurun.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang, Dr. Pri Adi, MM. menambahkan dalam sambutannya, “Program Literasi ini tidak hanya ditujukan kepada peserta didik saja, akan tetapi semua warga sekolah ataupun masyarakat sekitar diharapkan ikut sadar akan pentingnya membaca buku.”

Kerjasama antara SMP Negeri I Gudo dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jombang ini mampu memberikan dampak positif bagi sekolah dan warga sekitar. Mobil pusling rutin datang setiap bulan dapat memudahkan pembaca untuk memilih buku favorit mereka. Karena terkadang untuk menumbuhkan minat baca seseorang, terpenting adalah membiasakan membaca buku pilihan mereka sendiri. Sehingga jika tidak bisa menemukan buku tersebut di sekitar kita, maka bisa membaca langsung saat mobil pusling datang.

“Terselenggaranya acara ini, diharapkan peserta didik jadi lebih gemar membaca dan lebih cerdas dalam menyerap informasi. Baik secara lisan ataupun tulisan,” harap kepala sekolah dan ketua satgas literasi. Tiyas

Check Also

Foto : Semangat Perwakilan Jombang untuk FLS2N SMP Provinsi 2017. (chicilia)

Jombang Siap FLS2N Nasional 2017

Reporter : chicilia risca JOMBANG, MSP – Mewakili Kabupaten Jombang dibidang Festival Lomba Seni Siswa …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!