Seporsi lalapan belut yang dihidangkan oleh warung belut Pak Nyoto. (aditya)
Seporsi lalapan belut yang dihidangkan oleh warung belut Pak Nyoto. (aditya)

Gurih Belutnya Nyata

Reporter : aditya eko

MEGALUH, MSP – Tidak ada habisnya jika membicarakan kuliner di Kabupaten Jombang. Beragam warung (tempat makan) dapat dengan mudah kita jumpai di setiap sudut kota santri ini, baik itu yang telah legendaris maupun terbilang baru dibuka.

Di Kecamatan Megaluh ada sebuah warung yang terbilang legendaris degan spesialis masakan belut bernama warung belut Pak Nyoto. Tempat ini memiliki menu andalan lalapan belut yang rasanya sangat nikmat. Selain itu juga ada menu lain seperti lalapan iwak kali (ikan sungai), ayam goreng dan tahu tempe.

Meskipun tempatnya nyempil (menyelip), banyak pembeli yang rela jauh-jauh datang kesana hanya untuk menikmati masakan andalan dari warung Pak Nyoto. Betapa tidak, setelah saya memutuskan untuk pergi mencicipi olahan menu makanan disana banyak pelanggan yang sudah mengantri banyak.

Dikala kesibukannya menyiapkan menu pesanan pelangan lain, pemilik warung pun masih menyambut kami dengan hangat dan mempersilahkan duduk lesehan (duduk di tikar/lantai). Tidak lama kemudian, dua gelas minuman hangat pesanan kami tiba. Kami terkesan dengan kehangatan sang pemilik warung, seketika itu tiba-tiba seperti sebuah rumah sendiri yang nyaman. Suasana tersebut membuat saya semakin ingin segera menyantap seporsi lalapan belut legendaris itu.

Ketika tiba waktu makan, pemilik warung menyodorkan sepiring belut goreng, sambal tomat, lalapan, serta nasi hangat. Aroma khas dari belut goreng merangsang penciuman saya. Dalam hitungan menit, semua hidangan langsung tandas. Lalapan belut buatan warung Pak Nyoto sangat nikmat. Daging belut yang lembut dan gurih berpadu pas dengan pedasnya sambal tomat.

Sambalnya dibuat dari campuran cabe rawit, bawang putih, bawang merah, dan tentu saja tomat serta kucuran dari perasan jeruk purut. Dua bumbu terakhir membuat sambal ini terasa segar dan tidak bikin enek. Tingkat pedasnya juga dapat kami pesan, ingin pedas sedang atau ekstra pedas tergantung selera.

Goreng belutnya tidak kalah gurih. Kombinasi daging belut yang empuk ditambah dengan cita rasa bumbu rempah masih terasa jejaknya dilidah. Goreng belut itu enak disantap dengan cocolan sambal. Tidak lupa untuk menambah kenikmatannya, Nyoto juga menambahkan lalapan segar yang terdiri dari irisan mentimun, kubis, dan the master of lalapan yaitu daun kemangi.

Selain rasanya yang menggoyang lidah, belut juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia, seperti protein, leusin, argirin, zat besi, fosfor, kaya vitamin dan lemak. Sehingga baik dikonsumsi, terlebih untuk anak usia dini.

Warung ini buka dari pukul Sembilan pagi hingga pukul delapan malam. Satu porsi lalapan belut dipatok harga 15.000 rupiah. Namun Pak Nyoto menghimbau jika ingin berkunjung pada waktu malam hari disarankan untuk menghubunginya terlebih dahulu, sebab khawatir menu belutnya habis.

Tertarik dengan menu lalapan belut legendaris buatan Pak Nyoto? Datanglah di Warung Belut Pak Nyoto yang beralamatkan di Desa Balonggemek. Tepatnya di belakang SDN Balonggemek, Kecamatan Megaluh. Tiyas

Check Also

Kolak ketan durian khas wonosalam yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta kuliner buah durian. (aditya)

Kudapan Rakyat Super Lezat

Reporter : aditya eko WONOSALAM – Halo pecinta kuliner di Jombang. Kali ini kami akan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!