Foto : Sambutan peserta didik kepada tamu-tamu undangan. (fakhruddin)
Foto : Sambutan peserta didik kepada tamu-tamu undangan. (fakhruddin)

Penghargaan Pengelola Pramuka Terbaik

Reporter : fakhruddin

JOMBANG, MSP – Lomba Gugus Depan 2017, SDN Kepanjen 2 Kabupaten Jombang terpilih menjadi salah satu wakil dari empat perwakilan Jawa Timur. Sekolah yang beralamat di Jl. KH. Wahid Hasyim No. 97 Kepanjen Kabupaten Jombang tersebut terpilih karena menjadi salah satu sekolah rujukan pembinaan pendidikan karakter Nasional dan di dalamnya terdapat pembinaan pramuka. Prestasi pada ajang pramuka pun tidak bisa diremehkan, beberapa saat lalu sekolah ini mampu memenangi perlombaan ‘East Java’  yang digelar di Kabupaten Pasuruan.

Ketua Kwartir Kabupaten Jombang, Munif Khusnan pada sambutannya menuturkan, “Monitoring dilaksanakan di Pangkalan SDN Kepanjen 2 ini semakin memberikan motivasi tersendiri guna melakukan pembinaan secara berkelanjutan dengan meningkatkan pelayanan kepada peserta didik.”

Acara monitoring dihadiri berbagai elemen kepramukaan di Indonesia. Tidak hanya perwakilan Kwartir Kabupaten Jombang saja, Kwartir Nasional juga ikut menghadiri guna melakukan penilaian secara langsung. Apabila sekolah terpilih menjadi sekolah terbaik diantara empat perwakilan Jawa Timur, maka akan dikirim sebagai perwakilan tingkat selanjutnya.

Perwakilan Kwartir Nasional, Nur Hamid menambahkan dalam pidatonya, ”Kedatangan kami disini jangan terlalu dianggap sebagai juri, tetapi kami lebih berharap untuk dianggap sebagai saudara jauh yang lama tidak berjumpa dan akhirnya bertemu kembali.”

Pria berperawakan tinggi itu menegaskan, sebagai anggota pramuka yang baik harus memiliki semangat tinggi dalam memperkuat skill, memiliki karakter tangguh dan berintegritas tinggi dalam membangun bangsa. Pengelolaan lembaga pun harus mandiri tidak bergantung pada pihak lain. Keikutsertaan peserta didik harus berasal dari keinginan diri sendiri tanpa paksaaan, agar pelaksanaan setiap kegiatan berlangsung baik. Serta tidak tergabung dalam kegiatan-kegiatan sosial bernuansa politik.

Empat prinsip dasar kepramukaan wajib hukumnya dimiliki anggota pramuka. Mulai dari Iman dan Taqwa kepada Tuhan YME, perduli terhadap bangsa dan lingkungan sekitar, perduli kepada diri sendiri dan taat kode kehormatan.

”Semua prinsip dasar kepramukaan tersebut merupakan pondasi dasar bagi pramuka, jika diantara poin-poin tersebut ada yang terlewat maka mereka bukan pramuka sejati,” tambah Nur Hamid.

Pemonitor asal Kabupaten Kediri tersebut membeberkan tujuan dari terselenggaranya lomba ini. Tidak lain adalah untuk memberikan penghargaan kepada pengelola Gugus Depan yang telah mengelola dan mengembangkan secara unggul dalam hal Sumber Daya Manusia (SDM), Manajemen dan Administrasi, Dana, Sarana dan Prasarana, Kegiatan, Proses, Prestasi dan Kemitraan.

Dari segi pendanaan operasional kepramukaan, sekolah bernama beken SD Perdana ini menggunakan alokasi Bantuan Operasional Siswa (BOS) dan sumbangan dari pihak terkait tanpa adanya ketentuan nominal ataupun bisa disebut kemitraan. Karena selain menunjang dana, kerjasama tersebut bisa memberikan timbal balik bagi kedua pihak.

Perwakilan Kwartir Nasional menutup dalam sambutannya, “Kemajuan pembinaan pramuka akan menjadi jawaban semua masalah generasi muda penerus bangsa.” Tiyas

Check Also

Foto : Semangat Perwakilan Jombang untuk FLS2N SMP Provinsi 2017. (chicilia)

Jombang Siap FLS2N Nasional 2017

Reporter : chicilia risca JOMBANG, MSP – Mewakili Kabupaten Jombang dibidang Festival Lomba Seni Siswa …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!