Breaking News
Foto : Ketua MS Kabupaten Jombang, Adi Sadimun, S.Pd, SE saat memberikan sambutan. (istimewa)
Foto : Ketua MS Kabupaten Jombang, Adi Sadimun, S.Pd, SE saat memberikan sambutan. (istimewa)

Perpustakaan Sekolah Ujung Tombak Pembelajaraan

Reporter : fitrotul aini

JOMBANG, MSP – Memasuki tahun pelajaran baru, seluruh komponen penunjang sekolah mempersiapkan program kerja yang akan dilaksanakan dalam satu tahun pelajaran. Pengelola perpustakaan sebagai ujung tombak pelaksanaan kegiatan di perpustakaan pun juga perlu mempersiapkan program kerja yang baik.

Untuk membantu serta memberikan pengetahuan kepada pengelola perpustakaan tentang bagaimana menyusun program kerja dan pengembangan perpustakaan sekolah yang baik, Musyawarah Pustakawan Sekolah (MPS) dalam pertemuan rutin yang digelar pada Jumat (29/8) memberikan materi mengenai Program Kerja (Proker) Perpustakaan Sekolah dan Pengembangan Perpustakaan. Materi disampaikan oleh Atuk Khumairoh S.IP dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jombang.

Dalam pemaparan materinya, selain menjelaskan mengenai perkembangan perpustakaan dari masa ke masa perempuan berhijab ini juga menjelaskan bahwa dalam mengelola perpustakaan sekolah, dimulai dari kepala sekolah selaku penanggung jawab, kepala perpustakaan selaku pengelola hingga staf teknis yang dibantu oleh staf pelayanan harus melaksanakan tugasnya sesuai dengan program kerja yang sudah disusun. Tidak hanya itu, perpustakaan sekolah juga perlu melakukan inovasi-inovasi agar peserta didik sebagai pengunjung utama perpustakaan sekolah tetap tertarik untuk mengunjunginya.

“Secara berkala, penataan koleksi buku di perpustakaan dapat diubah agar memberikan suasana yang berbeda dan tidak membosankan. Sehingga peserta didik senang dan betah berada di perpustakaan,” ujar Atuk Khumairoh.

Selain terus berinovasi untuk membuat peserta didik nyaman berkunjung ke perpustakaan, penataan administrasi perpustakaan juga harus diperhatikan dengan baik. Seperti administrasi pengunjung dan peminjam harus disendirikan serta disesuaikan dengan tingkatan kelas.

Pemberian penghargaan kepada pengunjung terbanyak juga dapat dilakukan untuk memotivasi peserta didik lain agar jumlah kunjungan ke perpustakaan semakin meningkat. Berbagai macam usaha dilakukan dalam rangka mendorong program literasi sekolah yang mulai bergulir di Jombang. Sekaligus menjadi wujud nyata dukungan terhadap program pemerintah yang telah menjadikan Kabupaten Jombang sebagai kabupaten literasi.

Di kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang, drg. Budi Nugroho, MPPM juga menyempatkan hadir pada pertemuan yang digelar di Aula SMA Negeri 3 Jombang. Dalam sambutannya, Budi Nugroho mengapresiasi terlaksananya pertemuan MPS yang mampu dilaksanakan secara rutin setiap bulan. Pria 53 tahun ini menyebut bahwa kelangsungan kegiatan perpustakaan yang berjalan dengan baik akan membantu kegiatan pembelajaran di sekolah.

“Perpustakaan menjadi salah satu ujung tombak kegiatan belajar di sekolah, sehingga peserta didik dihimbau untuk rajin berkunjung ke perpustakaan,” ujar Budi Nugroho.

Kehadiran Kepala Dinas Pendidikan dalam pertemuan rutin perkumpulan pengelola perpustakaan ini pun lantas dimanfaatkan oleh peserta untuk menyampaikan aspirasi mereka. Salah satunya adalah pengelola perpustakaan SMP Negeri 2 Perak, Supi’i yang menyampaikan bahwa anggota MPS menginginkan adanya kegiatan peningkatan mutu pengelola perpustakaan, misalnya berupa diklat atau studi banding ke luar kota yang difasilitasi oleh Dinas Pendidikan. Tujuannya agar kompetensi yang dimiliki oleh pengelola perpustakaan sekolah di Kabupaten Jombang dapat semakin meningkat dan berkembang.

Sementara itu, Ketua MPS Kabupaten Jombang, Adi Sadimun, S.Pd, SE dalam sambutannya mengucapkan banyak terima kasih atas kehadiran Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang. Sekaligus berharap agar usulan dan masukan yang telah disampaikan dapat diterima dan diwujudkan oleh Dinas Pendidikan. Pengelola perpustakaan SMP Negeri 3 Jombang ini juga berharap agar anggaran 20% dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA) untuk program kelengkapan perpustakaan sekolah dapat segera terlaksana. Tiyas

Check Also

Foto : Ketua MKKS, Karyono, S.Pd, M.Si. (fakhruddin)

Perpres PPK Redam 5 Hari Sekolah

Reporter : fakhruddin TEMBELANG, MSP – Menengok beberapa bulan lalu, dunia pendidikan dikejutkan oleh keputusan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!