Foto : Praktik peserta didik menggunakan teleskop. (ist)
Foto : Praktik peserta didik menggunakan teleskop. (ist)

Rehabilitasi Laboratorium IPA SMP

Reporter : chicilia risca

JOMBANG, MSP – Rehabilitasi laboratorium IPA untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri Kabupaten Jombang di awal tahun pembelajaran segera digalakkan. Khusus terkait bangunan gedung sekolah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengeluarkan standar sarana prasarana, yaitu Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) nomor 24 tahun 2007 untuk SD/MI/SMP/MTs/SMA/MA dan Permendiknas nomor 33 tahun 2008 untuk SLB.

Berdasarkan agenda dari Kepala Seksi Sarana Prasarana Sekolah Menengah Pertama Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang, Wahib, S.T menjelaskan, “Proses sosialisasi tentang pembangunan gedung sekolah dan pembaharuan laboratorium IPA sudah dilakukan, pelaksanaan berjalan pada bulan Agustus.”

Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang merilis anggaran pembangunan swakelola, yaitu pelaksanaan pekerjaan yang direncanakan, dikerjakan dan diawasi sendiri. Hal ini tertuang dalam Keppres No. 80 Th. 2003 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang atau Jasa Pemerintah.

Terdata tujuh SMP Negeri yang melakukan pembaharuan banguanan laboratorium IPA, terdiri dari SMP Negeri 6 Jombang, SMP Negeri 1 Jombang, SMP Negeri Kesamben, SMP Negeri 1 Megaluh, SMP Negeri 2 Plandaan, SMP Negeri 1 Ploso dan SMP Negeri 2 Ploso. Sedangkan SMP Negeri 1 Bareng, SMP Negeri 2 Bareng serta SMP Negeri Satu Atap Pengampon Kabuh membangun baru ruang laboratorium IPA.

Ukuran standar yang di wacanakan tergambar rapi dengan tempat praktik delapan meter lawan 12 meter dan gudang berukuran tiga meter lawan delapan meter. Kemudian teras lebar dua meter dan panjang 15 meter, berkapasitas untuk 40 peserta didik.

Terdapat tambahan fasilitas dalam laboratorium seperti meja serba guna berjumlah 20 buah, meja kerja dua buah, kursi peserta didik beserta kursi kerja 40 buah, kursi pendidik dua buah. Seperti yang ada di dalam gudang terdiri dari lemari alat peraga, lemari besi, lemari kertas kerja.

Bertujuan agar dalam proses rehabilitasi laboratorium IPA dapat memberikan semangat belajar tinggi pada peserta didik dan pendidik. Serta kontribusi nyata untuk peningkatan pendidikan khususnya bidang IPA. Pencapaian proses pembelajaran yang sesuai dan mumpuni, diharapkan akan sesuai standar kebutuhan setiap sekolah sehingga peserta didik merasa nyaman belajar.

Kendala yang sering terjadi dan dialami oleh setiap SMP Negeri dalam penggunaan laboratorium IPA, seperti berlebih jumlah peserta didik, atau gedung tidak layak guna dan hingga kondisi siaga. Sehingga sering dialihkan dan dipergunakan sebagai kelas pembelajaran yang seharusnya dipergunakan hanya saat praktik IPA.

Bapak tiga anak ini berharap dengan adanya perbaikan serta pembangunan laboratorium IPA di 10 SMP Negeri, agar secara merata dan bertahap dalam pemenuhan fasilitas yang layak. Pendidikan bermutu segera terlaksana dalam pelayanannya kepada peserta didik untuk proses pembelajaran. Sehingga terpenuhi (fasilitas) yang kemudian mampu memanfaatkan serta disesuaikan dengan fungsinya. Tiyas

Check Also

Foto : Semangat Perwakilan Jombang untuk FLS2N SMP Provinsi 2017. (chicilia)

Jombang Siap FLS2N Nasional 2017

Reporter : chicilia risca JOMBANG, MSP – Mewakili Kabupaten Jombang dibidang Festival Lomba Seni Siswa …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!