Spot Selfie, Pacu Adrenalin

Reporter : aditya eko

MOJOAGUNG, MSP – Potensi tempat wisata di Kabupaten Jombang memang tidak pernah ada habisnya. Seperti yang sudah kami bahas di edisi-edisi sebelumnya tentang destinasi wisata yang disuguhkan di kota santri ini tidak lah kalah dengan wisata-wisata yang ada di kota lain.IMG_6352

Baru-baru ini yang lagi populer dikalangan kawula muda banyak beredar foto selfie terbaru dari atas bukit dengan view pemandangan hutan, lembah dan gunung yang di unggah di akun sosial medianya. Sebagai contoh seperti Wisata Alam Kalibiru yang berada di perbukitan Menoreh Kulon Progo, Yogyakarta dan Bukit Bulu Batu Flower Garden yang berada di Kota Batu.

Namun jangan khawatir, kita sebagai warga Jombang tidak perlu jauh-jauh datang kesana untuk memperoleh foto dengan pemandangan mengagumkan seperti yang disuguhkan di dua tempat wisata tersebut. Karena di Desa Kedunglumpang Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang terdapat tempat wisata baru bernama ‘Wana Wisata Goa Jepang’ terletak di area perhutani yang tidak kalah menariknya.

Goa Jepang yang konon dahulu sebagai tempat persembunyian tentara Jepang. (aditya)
Goa Jepang yang konon dahulu sebagai tempat persembunyian tentara Jepang. (aditya)

Untuk menuju tempat wisata tersebut kami mengambil rute tercepat. Dari arah Ringin Contong, kami menuju ke Kecamatan Mojoagung. Setelah sampai dipertigaan jalan yang bersebalahan dengan Koramil Mojoagung ambil jalur kanan. Lurus sekitar 500 meter ada pertigaan lagi menuju arah ke Wonosalam, belok kekiri dan terus mengikuti jalan tersebut.

Disini kami harus berhati-hati dalam memacu kendaraan, karena memasuki jalan perkampungan yang sempit dan berkelok-kelok. Namun setelah sampai di Desa Gedangan kami dimanjakan dengan pemandangan lembah asri nan luas di sepanjang jalan dengan udara segar khas daerah pegunungan. Saking asiknya menikmati pemandangan, tidak terasa kendaraan kami sudah berada di pintu masuk Wana Wisata Goa Jepang.

Sesampai kami disana, ternyata lokasinya masih dalam tahap pembangunan dan menurut salah satu warga, wisata ini secara resmi belum dibuka karena masih tahap pembangunan. Namun itu tidak menyurutkan minat kami untuk berkunjung. Belum ada tiket masuk, cukup membayar biaya parkir sebesar Rp 5.000 per motor pengunjung sudah dapat menikmati keindahan alam dilokasi ini.

Gardu pandang sebagai spot selfie yang disuguhkan di tempat wisata. (aditya)
Gardu pandang sebagai spot selfie yang disuguhkan di tempat wisata. (aditya)

Secara umum, konsepnya hampir sama seperti Wisata Alam Kalibiru dan Bukit Bulu. Spot untuk foto selfie Wana Wisata Goa Jepang ini menyajikan gardu pandang berbentuk hati (love), bunga matahari dan susoh manuk (sangkar burung). Selain narsis, pengunjung juga bisa menikmati panorama pegunungan dikawasan Wonosalam.

Selain itu, kami juga dapat berwisata ke Goa Jepang. Diperlukan kehati-hati jika ingin menuju lokasi tersebut. Pasalnya akses jalannya memiliki kemiringan tebing hingga 45 derajat dan kondisinya lumayan licin. Tetapi kami tidak perlu khawatir karena jalannya sudah dibentuk menyerupai tangga.

Menurut cerita dari warga setempat, konon goa ini dahulu dihuni oleh tentara jepang untuk bersembunyi dari rakyat Indonesia dan digunakan untuk memantau musuh dari ketinggian. Oleh karena itu warga setempat menyebutnya sebagai Goa Jepang. Tetapi belum ada bukti yang valid dalam cerita tersebut.

Setelah capek berjalan kaki menyusuri Goa Jepang, kami pun memutuskan untuk kembali dan beristirahat. Tidak perlu susah-susah untuk mencari tempat duduk, karena pengelola wisata sudah menyediakan tempat duduk lengkap dengan mejanya. Tempatnya juga cukup teduh dan asik untuk sekedar melepas lelah dan bercanda gurau dengan teman atau keluarga.

Pihak pengelola juga sudah menyediakan spotspot warung yang bisa menjadi pilihan kami untuk mengisi perut yang keroncongan sembari berselfie ria dan berjalan-jalan menyusuri area Goa Jepang. Namun jangan lupa juga untuk membuang sampah ditempat yang sudah disediakan.

Tertarik untuk berselfie dengan mengadu adrenalin di ketinggian? Datanglah ke Wana Wisata Goa Jepang serta rasakan sensasinya.  Tiyas

Check Also

Lokasi Air Terjun Sanggar. (aditya)

Perjalanan Panjang Menuju Air Terjun Sanggar

Reporter : aditya eko WONOSALAM, MSP – Halo travelers… jumpa lagi bersama kami di edisi …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!